27 October 2023

Daftar Negara dengan Setir Kanan Selain Indonesia

Daftar Negara dengan Setir Kanan Selain Indonesia
Setir kendaraan, juga dikenal sebagai setir kemudi, adalah komponen kunci dalam mobil yang digunakan untuk mengendalikan arah kendaraan. Setiap negara memiliki aturannya sendiri soal letak setir mobil. Beberapa negara menerapkan aturan setir kanan (right-driving countries), sementara lainnya menerapkan aturan setir kiri (left-driving countries).

Dilansir dari World Standards, mayoritas negara di dunia menggunakan setir kiri, yaitu sekitar 65 persen. Adapun sisanya menggunakan setir kanan. Berikut daftar data negara-negara mana yang menggunakan setir kanan.

1. Inggris
Inggris adalah salah satu negara yang paling terkenal dengan setir kanan dan berlalu lintas di sebelah kiri jalan. Kendaraan di Inggris menggunakan konfigurasi setir kanan, dan aturan berlalu lintas mereka mengharuskan kendaraan untuk bergerak di sebelah kiri jalan.

2. Jepang
Jepang juga menggunakan setir kanan, dan kendaraan bergerak di sebelah kiri jalan. Meskipun beberapa mobil yang diproduksi di Jepang dirancang untuk pasar internasional dan memiliki setir di sebelah kiri, mayoritas mobil di Jepang masih memiliki setir di sebelah kanan.

3. Australia
Australia adalah negara lain yang mengadopsi setir kanan. Mereka berlalu lintas di sebelah kiri jalan, dan kendaraan yang digunakan di sana memiliki setir di sebelah kanan.

4. India
India adalah salah satu negara terpadat di dunia dan memiliki sebagian besar kendaraan dengan setir kanan. Meskipun beberapa mobil di India memiliki setir di sebelah kiri, mayoritasnya menggunakan setir kanan.

5. Selandia Baru
Selandia Baru adalah negara lain yang menganut setir kanan. Mereka berlalu lintas di sebelah kiri jalan, sehingga kendaraan yang digunakan di Selandia Baru memiliki setir di sebelah kanan.

6. Irlandia
Irlandia, seperti Inggris, menggunakan setir kanan dan berlalu lintas di sebelah kiri jalan. Ini adalah kebiasaan yang mengakar kuat di negara tersebut.

7. Singapura
Singapura adalah salah satu negara di Asia yang menganut setir kanan. Mereka berlalu lintas di sebelah kiri jalan, dan sebagian besar kendaraan yang digunakan di sana memiliki setir di sebelah kanan.

8. Afrika Selatan
Afrika Selatan adalah salah satu negara di Afrika yang menggunakan setir kanan. Mereka juga berlalu lintas di sebelah kiri jalan, dan kendaraan di sana memiliki setir di sebelah kanan.

9. Malaysia
Malaysia, negara tetangga Singapura, juga menganut setir kanan. Mereka berlalu lintas di sebelah kiri jalan, dan sebagian besar kendaraan di Malaysia memiliki setir di sebelah kanan.

10. Spanyol
Spanyol adalah salah satu negara di Eropa yang menggunakan setir kanan. Mereka berlalu lintas di sebelah kiri jalan, dan kendaraan yang digunakan di Spanyol memiliki setir di sebelah kanan.

Dilansir dari laman otomotif.tempo.id penerapan stir kanan di Indonesia melalui banyak pertimbangan dan perhitungan. Salah satunya karena pada saat penjajahan Belanda, kendaraan yang dibawa masuk ke Indonesia sudah memakai setir kanan. Sejak zaman penjajahan Belanda, mobil-mobil yang diimpor ke Indonesia sudah menerapkan setir kanan. Selain itu, mayoritas negara di Asia Tenggara menganut konsep mengemudi dan setir mobil di kanan karena negara-negara ini dahulu dijajah oleh Inggris. Tidak bisa dipungkiri bahwa memang penjajahan ikut mempengaruhi tata cara mengemudi di negara tersebut di kemudian hari akibat ikut menerapkan aturan yang telah diberlakukan sejak zaman kolonial.