19 May 2023

5 Cara Membedakan Spare part Asli Atau Palsu

5 Cara Membedakan Spare part Asli Atau Palsu

Permintaan terhadap spare part kendaraan yang cukup tinggi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat, seringkali menjadi celah bagi para pihak yang ingin mengambil keuntungan dengan cara instan, yaitu menjual spare part palsu kepada konsumen dengan berdalih bahwa spare part yang dijualnya tersebut adalah asli.

Hal ini tentu saja dapat merugikan konsumen yang hendak membeli spare part asli untuk kendaraannya. Selain mengeluarkan uang lebih untuk kualitas barang yang buruk, mendapatkan spare part palsu untuk dipasang di kendaraan juga dapat membahayakan keselamatan Anda saat berkendara. Oleh sebab itu, sebelum Anda terburu-buru membeli spare part, sebaiknya bacalah terlebih dahulu tentang 5 tips cara membedakan spare part kendaraan asli atau palsu berikut ini;

1. Lihat Harganya

Cara pertama untuk membedakan antara spare part kendaraan asli atau palsu ialah dengan melihat harganya. Spare part kendaraan kendaraan yang asli pastinya memiliki harga yang lebih mahal daripada yang palsu. Bahkan bisa sampai lebih dari dua kali lipatnya.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum membeli pastikan Anda telah mengecek harga pasaran dari spare part tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya oknum penjual nakal yang hendak menawarkan spare part palsu kepada Anda dengan cara menjualnya dengan harga yang murah.

2. Perhatikan nomor seri spare part-nya

Cara berikutnya untuk membedakan antara spare part kendaraan asli atau palsu adalah dengan memperhatikan kode atau nomor seri yang terdapat pada spare part tersebut. Spare part kendaraan yang asli pasti akan memiliki nomor seri tertentu.

Nomor seri ini bisa Anda gunakan untuk membedakan mana spare part kendaraan yang asli dan mana yang palsu. Caranya ialah dengan melihat dan membandingkan nomor seri yang tercantum pada spare part tersebut dengan nomor seri yang terdapat pada katalog produk resminya.

3. Cek Garansinya

Secara umum spare part kendaraan yang asli biasanya memiliki garansi. Garansi ini biasanya diberikan oleh pihak yang memproduksi kendaraan tersebut. Sementara untuk jenis spare part kendaraan yang palsu biasanya hanya diberikan garansi berupa garansi toko.

Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan garansi spare part, sebaiknya lakukan pembelian spare part di bengkel resmi kendaraan Anda.

4. Periksa Kondisi Kemasan Dengan Baik

Kemasan spare part kendaraan yang asli pasti dilengkapi dengan hologram dan terbuat dari material yang lebih tebal dan halus. Selain itu, kualitas kardusnya juga memiliki warna yang terang dan tidak kusam.

Adapun hologram yang menempel pada kemasan spare part kendaraan asli cenderung tidak mudah untuk dilepas. Sedangkan hologram pada kemasan spare part palsu biasanya hanya tampak seperti stiker biasa. Selain itu, tulisan dan logo  yang terdapat pada kemasan spare part asli biasanya tampak jelas dan terang. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan tulisan pada kemasan spare part kendaraan palsu yang cenderung agak sedikit buram

5. Perhatikan Bahan dan Spesifikasinya

Terakhir, cara membedakan spare part kendaraan asli atau palsu adalah dengan memperhatikan bahan dan spesifikasi dari spare part yang hendak Anda beli. Adapun informasi bahan dan spesifikasi spare part kendaraan asli bisa dengan mudah Anda dapatkan di katalog resminya atau di website Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) kendaraan Anda.

Setelah Anda tahu tentang informasi bahan dan spesifikasi spare part tersebut, maka langkah berikutnya ialah dengan membandingkannya secara langsung. Jika terdapat perbedaan antara informasi spare part kendaraan yang terdapat pada katalog/website resminya dengan spare part yang akan Anda beli, maka kemungkinan besar spare part tersebut adalah palsu. Selain itu, spare part palsu juga bisa diidentifikasi dengan melihat tingkat kerapian dari barang itu sendiri. Apabila terlihat kurang rapi, maka Anda patut untuk curiga.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang 5 cara membedakan spare part kendaraan asli atau palsu. Untuk Anda pelanggan Tunas Rent tentu tidak perlu khawatir dengan hal ini, semua perawatan kendaraan menjadi tanggung jawab dan prioritas kami.

Untuk perusahaan Anda yang ingin beralih menggunakan jasa sewa kendaraan bisa menghubungi call center kami di 0800-1503-007, Whatsapp Center di 0813-8090-9100 atau bisa email ke info@tunasrent.co.id