30 May 2023

Akibat Lalai Mengganti Oli pada Kendaraan

Akibat Lalai Mengganti Oli pada Kendaraan

#tunasinfo - Ganti oli mobil merupakan perawatan paling mendasar yang biasanya dilakukan oleh pemilik mobil. Bahkan, bagi orang yang paling malas melakukan perawatan mobil sekalipun, penggantian oli harus tetap dilakukan.


Saat ini, masih banyak pemilik kendaraan yang kurang peduli dengan waktu penggantian oli dan hanya melakukannya ketika kendaraan akan menempuh perjalanan jauh. Apalagi untuk kendaraan yang cukup jarang digunakan. Sebagian besar orang beranggapan bahwa oli mobil tetap memiliki kualitas yang bagus selama mobil tidak digunakan. Namun ternyata, anggapan tersebut salah karena kualitas oli akan menurun meskipun mobil tidak digunakan. Dalam buku manual kendaraan juga disebutkan bahwa penggantian oli didasarkan pada jarak tempuh dan waktu.


Untuk kendaraan yang jarang digunakan, namun sekalinya digunakan menempuh jalan yang memiliki tingkat kemacetan tinggi, maka selain pertimbangan jarak tempuh dan waktu, pemilik kendaraan juga harus memperhatikan rpm kendaraannya. Karena, meskipun mobil tidak bergerak saat keadaan macet, tetapi mesin kendaraan tetap bergerak sehingga pelumas tetap bekerja.


Berikut ini adalah akibat jika kita lalai mengganti oli pada kendaraan :


  • Oli yang sudah lama pasti mengandung kotoran dan hal inilah yang akan berisiko menyumbat saluran oli sehingga oli tidak mampu mengalir dengan lancar. Akibatnya, komponen mesin tidak memiliki suplai oli yang cukup untuk melumasi saat sedang bekerja dan membuat usia pakai mesin semakin pendek.


  • Selain tidak berfungsi maksimal akibat terhambat, oli yang sudah terlalu lama akan semakin hitam, kental, dan kehilangan sifat pelumasnya. Meskipun oli dapat mengalir dengan lancar menuju mesin, tetap tidak akan bisa melumasi mesin secara maksimal.


  • Tidak terlumasinya mesin mengakibatkan kinerja mesin semakin berat. Akibatnya, mesin akan membutuhkan sumber tenaga tambahan yang berasal dari BBM dan membuat BBM menjadi boros.


  • Mesin yang tidak terlumasi dengan maksimal oleh oli akan menjadi panas akibat gaya gesek yang cukup besar. Selain itu, oli juga memiliki fungsi sebagai salah satu sistem pendingin mesin mobil. Ketika cairan ini tidak diganti tepat waktu, maka oli tidak mampu bekerja secara maksimal sehingga mobil berisiko mengalami overheating.