28 August 2023

Cegah Kepanikan Mengemudi Saat Gempa

Cegah Kepanikan Mengemudi Saat Gempa
Merasakan getaran gempa saat sedang berkendara adalah hal yang mencemaskan. Sebagian orang mungkin dapat merasakan gempa saat berkendara. Namun, tidak bagi sebagian orang lainnya karena ada juga yang tidak merasakan gempa saat berkendara. Tunas Rent akan berbagi tips bagi Tunasian untuk mencegah kepanikan saat berkendara terutama saat terjadi gempa.

Perhatikan Kondisi Sekitar Mobil
Gempa bumi agak sulit terdeteksi bila Tunas Friends sedang mengemudikan mobil karena adanya sistem suspensi yang mampu meredam getaran. Meski demikian, Anda tetap bisa melihat tanda-tanda bencana dengan memperhatikan kondisi sekitar. Seperti pohon atau rambu lalu lintas yang bergoyang secara tidak wajar atau orang-orang yang berhamburan keluar dari rumah atau bangunan lainnya.

Segera Kurangi Kecepatan Mobil
Segera kurangi kecepatan mobil Tunasian, namun jangan melakukan pengereman mendadak karena akan membahayakan pengemudi di belakang Anda. Amati situasi dengan seksama. Apabila tidak ada masalah berat seperti jalan retak, longsor, pohon tumbang dan hal lainnya, Anda bisa meneruskan perjalanan, namun tetap berhati-hati.

Menepi di Tempat yang Aman
Jika kondisi kurang aman, lebih baik menepi untuk mencegah masalah lebih besar seperti mobil terperosok lubang. Perhatikan kondisi sekitar dan waspadai bangunan tinggi atau pohon yang berisiko tumbang. Nyalakan lampu hazard dan segera keluar dari mobil.

Pastikan untuk tetap fokus dalam berkendara agar dapat terhindar dari bahaya ya Tunasian.