20 March 2023

Kebiasaan Buruk Yang Membuat Mobil Boros BBM

Kebiasaan Buruk Yang Membuat Mobil Boros BBM

Perkembangan otomotif saat ini sudah mengarah ke arah hemat bahan bakar dan ramah lingkungan serta efisiensi mesin yang baik. Penggunaan BBM yang boros juga mengganggu keuangan kita pastinya.

Terdapat beberapa hal yang membuat mobil jadi boros. Mulai dari faktor mesin, bensin, sampai AC. Yuk kenali dulu apa yang membuat mobil Tunasian menjadi lebih boros.

1. Terlambat Ganti Oli

Dengan fungsinya untuk melumasi komponen pada mesin, oli juga berperan untuk menjaga performa dari mesin supaya selalu optimal.

2. Filter BBM Kotor

Filter BBM berfungsi untuk menyaring BBM yang akan disalurkan ke ruang bakar, agar BBM yang tersalurkan lebih bersih dari kotoran dan residu.

3. Filter Udara Kotor

Filter udara juga perlu dibersihkan, karena jika tidak dibersihkan, maka udara yang masuk ke ruang mesin akan bercampur dengan debu dan kotoran.

4. Kondisi Ban

Kondisi ban mempengaruhi laju mobil. Apabila kondisinya sudah mulai aus, maka harus segera diganti. Penggunaan ban yang lebar dari ukuran standar juga sangat berpengaruh.

5. Penggunaan AC Berlebih

Penggunaan AC pada volume tinggi membuat kompresor AC bekerja lebih keras, sehingga beban mesin akan bertambah demi mengkompensasi kompresor  AC yang bekerja lebih extra.

 

Sumber : tunas Toyota