10 July 2023

Kendaraan Operasional, Lebih Baik Beli atau Sewa?

Kendaraan Operasional, Lebih Baik Beli atau Sewa?

Sewa kendaraan untuk operasional kantor sebenarnya lebih banyak keuntungannya jika dibandingkan dengan membeli kendaraan karena jauh lebih efisien. Selain itu, menyediakan kendaraan untuk operasional karyawan dengan cara membeli membutuhkan pertimbangan yang matang. Namun, berbeda halnya dengan menggunakan sistem sewa kendaraan dimana akan terasa lebih mudah dari segi perawatan serta pengurusan pajak tahunan.

Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan pilihan, berikut 7 kelebihan sewa kendaraan dibanding membeli kendaraan untuk operasional kantor.

1. Lebih murah

Kelebihan sewa kendaraan yang utama adalah biaya yang dikeluarkan lebih murah dibandingkan dengan membeli. Beli kendaraan dalam jumlah besar membutuhkan banyak biaya. Ini akan mengganggu keuangan perusahaan Anda. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk bayar pajak dan perawatan atau service rutin.

Jika Anda menyewa kendaraan tentu akan terbebas dari biaya pajak tahunan dan biaya perawatan rutin. Biaya tersebut tentunya sudah menjadi tanggungan bagi pihak yang menyewakan kendaraan. Keputusan sewa kendaraan tentunya jauh lebih bijak agar kondisi keuangan tetap sehat.

2. Dapat model mobil terbaru

Sebagai konsumen, Anda bisa bebas memilih perusahaan penyewa yang menawarkan mobil tipe terbaru. Karyawan jadi lebih aman dan nyaman saat berkendara. Tidak perlu khawatir menghadapi masalah kendaraan mogok di tengah jalan karena terlalu tua. Image perusahaan juga terlihat lebih mewah di mata konsumen dan kompetitor karena mobil yang digunakan untuk operasional selalu up-to-date dengan jamannya.

3. Bebas biaya perawatan dan service

Frekuensi pemakaian yang tinggi membuat kendaraan butuh biaya perawatan yang tinggi juga. Untungnya, biaya ini sudah ditanggung oleh perusahaan jasa sewa kendaraan. Biaya perawatan sudah digabung dengan biaya sewa dan semua fasilitas yang diberikan.

4. Bebas pajak dan perpanjangan STNK

Mengurus pajak kendaraan kantor memang merepotkan. Anda pun harus teliti kapan waktunya bayar pajak tahunan dan perpanjangan STNK. Jika Anda menyewa kendaraan, maka Anda tidak perlu repot dalam mengurus pajak dan STNK kendaraan. Urusan pajak menjadi tanggung jawab perusahaan jasa sewa kendaraan.

5. Dapat jaminan Asuransi

Kelebihan lainnya adalah kendaraan sudah dijamin oleh asuransi. Semua kendaraan sudah dilengkapi dengan asuransi. Jangan memilih perusahaan jasa yang tidak memiliki asuransi, hal ini sangat beresiko jika Anda harus menanggung biaya kerusakan kendaraan.

6. Dapat mobil pengganti jika ada masalah

Apabila terjadi masalah pada kendaraan, misalnya sedang diservis setelah mengalami kerusakan berat, maka akan diberikan kendaraan pengganti untuk sementara waktu sampai kendaraan utama selesai diperbaiki. Kendaraan pengganti ini bisa digunakan untuk operasional kantor, jadi pekerjaan kantor tidak akan terganggu.

Setelah melihat kelebihan di atas, kini Anda bisa memutuskan dengan lebih baik, opsi mana yang akan diambil. Pilihan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan perencanaan finansial Anda.

Apabila Anda memutuskan untuk menyewa kendaraan, pastikan Anda memilih kendaraan sewa yang paling tepat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sewa kendaraan hubungi Call Center Tunas Rent di 0800-1503-007 atau melalui WA Center di 0813-8090-9100.