31 March 2023

Lima Tips Aman Berkendara untuk Wanita

Lima Tips Aman Berkendara untuk Wanita

Tahukah Tunasian, bahwa pengemudi wanita memiliki potensi bahaya saat mengemudi terutama untuk wanita yang baru bisa mengendarai mobil. Tidak hanya membahayakan diri sendiri, resiko ini juga dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. Wanita biasanya lebih cepat panik bila mengalami kejadian saat sedang berkendara. Dampak dari kepanikan tersebut bisa sangat berbahaya, misalnya salah menginjak pedal dimana seharusnya menginjak rem, namun karena panik akhirnya pedal gas yang diinjak. Selain itu, beberapa kebiasaan wanita yang kerap dilakukan saat berkendara juga berpeluang terjadinya bahaya. Berikut merupakan tips untuk wanita agar lebih aman dan nyaman saat berkendara.

1. Meminimalisir penggunaan aksesoris pada interior kendaraan secara berlebihan.

Aksesoris memang akan mempercantik interior yang ada dalam mobil Anda. Namun jika Anda menggunakan aksesoris pada interior mobil secara berlebihan, maka hal itu tentu akan menggangu konsentrasi Anda saat berkendara. Jika Anda ingin menghiasi interior mobil Anda jangan terlalu berlebihan ya.

2. Jangan menggunakan ponsel saat berkendara.

Bermain ponsel saat berkendara sangat besar potensi bahayanya. Sangat disarankan untuk menghindari menggunakan telepon genggam atau chatting saat berkendara karena akan mengganggu konsentrasi Anda

3. Hindari dandan saat berkendara.

Pada umumnya wanita selalu berdandan sebelum berangkat. Namun ternyata tidak semua wanita melakukan hal tersebut di rumah. Ada juga wanita yang berdandan sekaligus mengemudi untuk mempersingkat waktu. Ingat, dandan saat mengemudi juga sangat berbahaya. Hal itu bisa mengganggu konsentrasi Anda dan membahayakan bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain.

4. Letakan barang di tempat yang aman.

Biasanya wanita membawa barang yang cenderung lebih banyak saat berpergian dibandingkan dengan kaum pria. Untuk itu, disarankan agar meletakan semua barang bawaan di tempat yang aman agar tidak mengganggu konsentrasi saat berkendara.

5. Pakai alas kaki yang nyaman.

Hindari penggunaan sepatu hak tinggi atau sandal. Selain tidak nyaman, menggunakan high heels/sandal juga berpotensi terjadinya bahaya saat berkendara. Resikonya seperti licin atau terselip saat menginjak pedal. 

Agar sahabat dapat fokus dan aman saat berkendara, hindari hal-hal tersebut demi menjaga keamanan dan keselamatan Anda saat berkendara.


Sumber : Tunas Daihatsu