08 September 2023

Mengenal Pertamax Green 95 : Bahan Bakar Ramah Lingkungan dengan Kualitas Unggul di Indonesia

Mengenal Pertamax Green 95 : Bahan Bakar Ramah Lingkungan dengan Kualitas Unggul di Indonesia
Pertumbuhan kesadaran akan perlunya mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan telah mendorong perkembangan teknologi bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Maka dari itu PT Pertamina (Persero) secara resmi meluncurkan BBM baru bernama Pertamax Green 95. Namun, untuk tahap awal, bahan bakar tersebut hanya dijual di 15 SPBU Pertamina yang tersebar di Jakarta dan Surabaya.

Pertamax Green 95 dijual seharga Rp 13.500 per liter. Sementara pihak Pertamina memastikan, bahan bakar tersebut bisa “diminum” semua kendaraan bensin di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan dalam soft launching Pertamax Green 95 di SPBU MT Haryono, Jakarta Selatan, pada hari Senin 24 Juli 2023 (dikutip dari : Kompas, Senin 24/7).

"Jadi semua jenis kendaraan yang mengonsumsi gasoline, baik kendaraan roda dua atau empat, ini dapat mengonsumsi Pertamax Green 95," ujarnya

Apa itu Pertamax Green 95

Diketahui, Pertamax Green 95 sendiri merupakan BBM hasil percampuran Pertamax dengan Bioetanol sebesar 5 persen (E5). Bioetanol merupakan senyawa alkohol yang berasal dari tumbuhan, dan dalam hal ini Pertamina menggunakan tebu.

Pertamax Green 95 sudah melalui tiga tahap pengujian di kendaraan sebelum benar-benar diluncurkan. Pertama, uji laboratorium. Kedua, dyno test (dynamometer) untuk mengukur gaya, torsi atau tenaga pada kendaraan. Ketiga, road test atau uji jalan pada kendaraan.

BBM baru dengan nilai oktan 95 atau RON 95 tersebut diklaim dapat memberikan akselerasi kendaraan lebih baik dari BBM pendahulunya, Pertamax RON 92.

Daftar SPBU Pertamina yang sudah menjual Pertamax Green 95
Pertamina telah secara bertahap memperluas jaringan SPBU yang menyediakan Pertamax Green 95 di seluruh Indonesia. Berikut adalah beberapa lokasi SPBU yang telah menyediakan Pertamax Green 95:
Jakarta
SPBU MT Haryono
SPBU Fatmawati 1
SPBU Fatmawati 2
SPBU Lenteng Agung
SPBU Sultan Iskandar Muda Kebayoran

Surabaya
SPBU Jemursari
SPBU Soetomo
SPBU Mulyosari
SPBU Merr
SPBU Ketintang
SPBU Karang Asem
SPBU Mastrip
SPBU Citra Raya Boulevard
SPBU Juanda
SPBU Buduran

"Untuk pengembangannya sendiri saat ini kita memang menyiapkan di 5 SPBU di Jakarta, dan 10 di Surabaya. Kami memang menargetkan dalam waktu 12 bulan ini bisa mencakup seluruh Pulau Jawa," ujar Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan.

Pertamax Green 95 adalah langkah positif dalam mendukung upaya menjaga lingkungan dan meningkatkan performa kendaraan di Indonesia. Penggunaan bahan bakar ini juga menjadi bagian penting dalam mempromosikan kesadaran akan keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan di kalangan masyarakat. Dengan semakin banyaknya SPBU yang menyediakan Pertamax Green 95, diharapkan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan ini dapat lebih meluas dan memberikan dampak positif yang lebih besar.