27 July 2023

Mitos atau Fakta, Cek Kendaraan Bekas Harus Dalam Kondisi Dingin?

Mitos atau Fakta, Cek Kendaraan Bekas Harus Dalam Kondisi Dingin?

Beredar kabar diberbagai media sosial bahwa dalam memeriksa kendaraan bekas sebaiknya dilakukan saat pagi, ketika mesin belum dipanasi oleh pemiliknya.

Berbagai masalah pada kendaraan diisukan akan terdeteksi ketika mesin masih dingin. Sehingga, itu menjadi waktu yang tepat bagi Tunasian untuk melakukan pemeriksaan mobil bekas sebelum dibeli.

Namun, beberapa kendaraan justru bisa saja bermasalah ketika suhu mesin sudah tinggi sehingga mungkin saja anggapan itu tidak tepat. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Dilansir dari situs kompas.com, pemeriksaan kendaraan bekas sebenarnya membutuhkan kondisi mesin dingin dan sekaligus panas juga. Anggapan memeriksa kendaraan harus dalam kondisi mesin dingin muncul karena bila mesin sudah panas atau mencapai suhu kerja mesin, maka akan lama dinginnya kembali, sedangkan kita perlu memeriksa kondisi mesin saat dingin juga.

Saat kondisi mesin masih dingin pemeriksaan bisa meliputi segala sesuatu yang memiliki kemungkinan mengalami kerusakan dalam kondisi tersebut seperti untuk transmisi matic.

Jadi, pemeriksaan kendaraan bekas tidak dikhususkan pada kondisi mesin masih dingin saja, tetapi kita harus melakukan pemeriksaan dari awal hingga akhir, mulai dari kondisi mesin dingin sampai panas.

Cari Kendaraan Bekas?

Bagi Tunasian yang mecari kendaraan bekas, percayakan pada Tunas Auction, lelang mudah dan bebas ribet. Temukan kemudahan mendapatkan kendaraan Tunasian dengan mengikuti lelang yang diadakan setiap minggu. Bisa dilakukan ditempat atau melalui online sesuai jadwal yang tersedia. Cek sekarang juga disini (link Tunas Action)

 

Sumber : otomotif.kompas.com