17 May 2023

Pengemudi Wajib Tahu, Fungsi dari Kaca Film Mobil

Pengemudi Wajib Tahu, Fungsi dari Kaca Film Mobil

Penggunaan kaca film pada mobil merupakan suatu hal yang wajib untuk mobil zaman sekarang. Pasalnya, kita pasti sering melihat beberapa mobil yang bagian dalamnya tidak bisa dilihat dari luar karena gelapnya kaca film. Selain agar kabin mobil tidak bisa dilihat dari luar, kaca film juga termasuk aksesori untuk mobil. Lantas, apalagi fungsi penting lainnya dari penggunaan kaca film? Yuk disimak.

1. Mengurangi Intensitas Masuknya Cahaya

Fungsi utama dari penggunaan kaca film mobil adalah untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam kabin mobil. Hal itu akan memberikan efek pada suhu kabin yang terasa lebih nyaman dibandingkan dengan kaca yang tidak dipasang kaca film. Pada dasarnya, sinar matahari dapat membuat perjalanan terganggu karena panas berlebih yang masuk ke dalam kabin.

Kaca film juga membantu untuk mengurangi paparan gelombang infra merah dan ultraviolet yang memiliki efek kurang baik bagi kulit. Maka dari itu, penggunaan kaca film sangat membantu pengemudi dalam berkendara.

2. Menjaga Privasi

Sebagian orang merasa risih jika kegiatan yang dilakukan di dalam mobil terlihat dari luar. Pandangan orang lain dari luar tentu membuat penumpang terganggu. Hal tersebut membuat orang memasang kaca film yang agak gelap agar tidak terlihat oleh orang lain. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari orang yang suka mengintip ke dalam kabin saat mobil dalam keadaan parkir.

3. Mengurangi Resiko Kejahatan

Akhir-akhir ini kejahatan pada mobil terus meningkat, salah satunya adalah pencurian mobil dengan memecahkan kaca mobil. Pengemudi tentu harus waspada dengan memasang kaca film yang cukup redup. Hal tersebut untuk mengurangi pandangan orang lain dari luar melalui kaca film. Bagi orang yang memiliki niat jahat langsung mengurungkan niatnya karena sulit untuk melihat situasi di dalam kabin mobil.

4. Menghemat Penggunaan Bahan Bakar

Fungsi selanjutnya yang tidak terduga adalah untuk efisiensi bahan bakar. Terbukti konsumsi bahan bakar dapat dihemat 10 persen hingga 20 persen. Kaca film yang berfungsi menghalau cahaya matahari masuk ke kabin memberikan efek mencegah kenaikan temperatur dalam mobil, sehingga aktifitas pendingin ruangan tidak berlebihan dan membuat bahan bakar semakin hemat.

5. Mempercantik Tampilan Mobil

Siapa yang tidak ingin tampilan mobil lebih keren? Semua pemilik mobil pasti menginginkan itu. Kaca film yang dianggap eksklusif dapat memberikan tampilan agar mobil semakin keren. Apalagi, sekarang sudah banyak tersedia kaca film dalam berbagai warna dan tingkat kegelapannya disesuaikan dengan karakter mobil.

Beberapa hal di atas adalah fungsi dari kaca mobil. Pilihlah kaca mobil yang mampu menyerap panas dan meminimalisasi kenaikan suhu pada kabin. Jangan menganggap bahwa semakin gelap kaca film, maka mampu untuk menghalau masuknya cahaya. Anggapan tersebut salah karena semakin gelap kaca film, maka kualitas untuk melihat semakin tidak baik. Perlu diketahui bahwa yang mempengaruhi kemampuan dalam menangkal cahaya matahari yaitu VLT atau Visible Light Transmission. VLT merupakan parameter yang digunakan untuk mengukur gelap dan terangnya suatu kaca film.