08 March 2024

Penyebab Ban Bocor Selain dari Benda Tajam

Penyebab Ban Bocor Selain dari Benda Tajam

Ban merupakan komponen vital pada sebuah kendaraan. Hal tersebut yang membuat kita perlu menjaga kondisinya dan mempelajari apa saja yang dapat membahayakan performanya. Salah satu kondisi yang berbahaya bagi ban adalah bocor.

Umumnya ban bocor disebabkan karena terkena obyek tajam yang mengakibatkan permukaan ban menjadi bolong. Namun dilansir dari team after sales Tunas Rent, ada hal lain yang perlu diperhatikan dan dianggap dapat membuat ban menjadi bocor, antara lain :

Pemasangan Tidak Tepat

Ketika memasang ban baru atau ban serep, penting untuk melakukannya dengan tepat dan presisi. Sebab, menurut team after sales Tunas Rent, pemasangan ban yang tidak tepat berpotensi merusak ban yang mengakibatkan kebocoran pada ban tersebut.

Pemasangan ban yang tepat, maksudnya adalah tak serta-merta dari posisinya, tapi juga dari kondisi bannya. Seluruh bagian dari ban hingga pelek harus dalam kondisi bersih dari kotoran agar tidak mengakibatkan kemungkinan ban bocor halus di area bibir pada ban tersebut.

Ban Retak dan Sudah Berumur

Kondisi lain yang dapat membuat ban bocor adalah karena masa pakainya sudah habis. Pada dasarnya ban memiliki masa pakai yang spesifik sehingga ketika kondisinya sudah rusak, bukan tak mungkin membuatnya jadi bocor.

Pentil Ban

Komponen lain yang penting untuk diperhatikan karena adalah bagian pentil ban. Peran pentil ban cukup vital pada ban, sehingga penting untuk selalu dicek kondisinya.

Perbedaan Tekanan Udara pada Ban

Perbedaan tekanan udara yang signifikan antara ban yang satu dengan yang lain dapat menyebabkan kebocoran. Pengecekan dan penyesuaian tekanan udara secara rutin pada semua ban kendaraan dapat membantu mencegah perbedaan tekanan yang berlebihan.