27 April 2023

Tips Menghadapi Genangan Air Saat Mengemudikan Mobil

Tips Menghadapi Genangan Air Saat Mengemudikan Mobil

Musim hujan identik dengan banyaknya genangan air di jalan. Hal itu tentu sering membuat was-was pengguna jalan khususnya pengendara mobil. Sebab, bila mobil sudah terjebak dalam sebuah antrean, biasanya susah untuk menghindari genangan air yang cukup dalam. Lantas, bagaimana tips menghadapi genangan air ketika mengemudikan mobil?

Mengenal Aquaplanning

Aquaplanning adalah momen ketika hilangnya traksi roda terhadap permukaan jalan karena melintasi genangan air yang bisa berujung kecelakaan.

Bagaimana Mencegahnya?

Technical support SPV Tunas Rent, Mulyono memberikan tips bagaimana mencegah terjadinya Aquaplanning :

1. Kurangi Kecepatan

Saat hujan mulai turun, Tunasian bisa mengurangi kecepatan berkendara, pindah ke lajur lambat dan amati kondisi sekitar.

2. Kendalikan Kendaraan

Apabila mobil melewati genangan air, antisipasinya adalah mengangkat kaki dari pedal gas, tahan kemudi ke arah depan dan jangan melakukan pengereman agar laju mobil tetap lurus dan tidak mengalami selip.

3. Apabila Ban Selip (understeer)

Coba rasakan hal tersebut pada roda depan atau belakang. Apabila selip dari roda depan (understeer) dan mobil mengarah ke kiri dan ke kanan, segera lawan arah kemudi secara halus ke arah tujuan, untuk mengurangi gejala understeer. 

4. Apabila Ban Selip (oversteer)

Apabila selip terjadi pada roda belakang alias oversteer, segera putar setir sesuai arah mobil melaju dan jangan melakukan banting setir karena bisa membuat mobil berputar pada porosnya.

5. Check Kondisi Ban

Pastikan bahwa ban mobil masih dalam keadaan bagus, dimana ulir ban masih tebal supaya mencegah terjadinya selip.