04 August 2023

Tips Menghindari Tabrak Truk dari Belakang

Tips Menghindari Tabrak Truk dari Belakang

Apakah Tunasian sering tegang saat sedang berada di jalan tol karena berdempetan dengan truk-truk besar? Hari ini Tunas Rent memberikan tips untuk Tunasian tentang bagaimana menghindari terjadinya tabrak truk dari belakang. Semoga tips ini bermanfaat ya.

Jangan Abaikan Kekurangan Truk
Tunasian wajib memahami kekurangan truk perihal dimensi dan bobotnya yang besar. Truk bergerak lambat sehingga membutuhkan waktu untuk akselerasi dan pengereman. Truk juga membutuhkan ruang yang luas saat manuver dan memiliki blind spot yang besar.

Hindari Distraksi Saat Mengemudi Mobil
Sempat ada kecelakaan akibat sopir mengambil ponsel yang jatuh ke lantai. Meskipun hanya sepersekian detik, perhatian yang teralih cukup untuk membuat Anda tidak waspada pada kondisi jalan.

Perhatikan Batas Kecepatan di Jalan
Mobil yang terlalu cepat akan sulit dikendalikan. Tentu sangat berbahaya apabila di depan ada truk. Terlalu lambat, maka resikonya adalah menghambat laju mobil lain atau ditabrak dari belakang.

Jaga Jarak Aman Dengan Truk
Tunasian mampu melihat potensi masalah dari truk di depan dan melakukan manuver menghindar saat dibutuhkan, contohnya ketika ada truk yang tidak kuat menanjak. Selain itu, kendaraan harus memiliki ruang yang cukup untuk melakukan pengereman jika diharuskan mengurangi kecepatan.

Waspada Truk Tanpa Lampu Belakang
Truk harus memiliki lampu belakang yang berfungsi dengan normal. Namun sayangnya masih banyak ditemukan truk yang lampu belakangnya mati. Hal ini jelas sangat berbahaya karena Anda tidak dapat membaca arah pergerakannya, terutama di malam hari atau saat hujan. Jangan terlalu lama berada di belakang truk yang lampu belakangnya mati dan tanpa kelengkapan safety lainnya.